Advertisement
,

Membingkai Kebhinekaan Di Bumi Iya Mulik Bengkang Turan, Polres Barito Utara Gelar Kegiatan Seminar Wawasan Kebangsaan

Jumat, 01 Desember 2023, Desember 01, 2023 WIB Last Updated 2023-12-02T03:41:24Z


Barito Utara – Polres Barito Utara jajaran Polda Kalteng laksanakan kegiatan Seminar Wawasan Kebangsaan dengan tema "Membingkai Kebhinekaan Di Bumi Iya Mulik Bengkang Turan" di Rumah Kebangsaan Kab. Barito Utara Jl. Lingkar Kota Muara Teweh Kec. Teweh Tengah Kab. Barut.


Hadir dalam kegiatan tersebut, Kasat Binmas Polres Barut , Kompol H. Rakhmadi, Para Tokoh Ormas Kepemudaan, Anggota BEM dan sejumlah Mahasiswa


Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Barito Utara, AKBP Gede Pasek Muliadnyana,S.I.K.,M.A.P., melalui Kasat Binmas Polres Barito Utara Kompol H. Rakhmadi menyampaikan bahwa Wawasan Kebangsaan adalah cara pandang bangsa Indonesia dalam rangka mengelola kehidupan berbangsa dan bernegara yang dilandasi oleh jati diri bangsa dan kesadaran terhadap sistem nasional yang bersumber dari Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika, guna memecahkan berbagai persoalan yang dihadapi bangsa dan negara demi mencapai masyarakat yang aman, adil, makmur, dan sejahtera.


“ Salah satu ancaman dalam bernegara adalah terorisme. Terorisme adalah tindakan kekerasan atau ancaman kekerasan yang dilakukan oleh individu atau kelompok dengan tujuan menciptakan ketakutan atau kecemasan di kalangan masyarakat, Ancaman terbesar terorisme bukan hanya terletak pada aspek serangan fisik yang mengerikan, tetapi serangan propaganda yang secara massif menyasar pola pikir dan pandangan masyarakat itulah yang merupakan ancaman yang lebih berbahaya. Pola penyebaran radikalisme dapat dilakukan melalui berbagai saluran, seperti media massa, komunikasi langsung dengan bentuk dakwah, diskusi, dan pertemanan, hubungan kekeluargaan, dan melalui lembaga pendidikan,”tegasnya, Jumat (01/12/2023) pagi.


Dengan adanya kegiatan tersebut, diharapkan dapat menyaring dan menangkal penyebaran radikalisme di wilayah hukum Polres Barito Utara.


“Dengan adanya kegiatan ini diharapkan kita bersama - sama dapat menyaring dan menangkal penyebaran radikalisme khususnya di wilayah Barito Utara sendiri dengan cara Ikut Aktif Mensosialisasikan bahaya tentang Radikalisme Dan Terorisme sehingga situasi Kamtibmas di Bumi Iya Mulik Bengkang Turan tetap aman dan kondusif,”harapnya.


Selama kegiatan tersebut berlangsung, sitkamtibmas berjalan aman dan lancar. (AF)

Iklan

 Advertisement

Iklan

 Advertisement