Advertisement
,

Ucapkan Selamat HUT FKDM Ke-18, Ketum Relawan Antar Generasi H. Iswadi, M.M : Kedepankan Tupoksi ATHG, Jangan Lupa Juga Sebagai Katalisator Program-program Pemerintah

Sabtu, 11 Mei 2024, Mei 11, 2024 WIB Last Updated 2024-05-11T13:25:49Z


Jakarta Barat - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Ke-18 Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM), Ketua Umum Relawan Antar Generasi (RangeR) yang juga sekaligus menjabat sebagai Pengurus PMI Provinsi Daerah Khusus Jakarta Bapak H. Iswadi, M.M., memberikan ucapan selamat ulang tahun untuk FKDM yang jatuh pada tanggal 11 Mei 2024.

Kepada awak media hari Sabtu (11/5/2024), H. Iswadi, M.M., menyampaikan, “Assalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Saya Iswadi, Ketua Umum Relawan Antar Generasi sekaligus Anggota Pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Daerah Khusus Jakarta, mengucapkan selamat ulang tahun untuk Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat atau FKDM yang ke-18 tahun. Saya merasa bangga dan sangat bangga menjadi bagian dari FKDM”.

“Tetap semangat, dalam menjalankan tupoksi temen-temen. Jalankan Tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) Ancaman, Tantangn, Hambatan dan Gangguan (ATHG). Tapi jangan lupa juga kedepankan fungsi, sebagai katalisator program-program pemerintah. Sekali lagi, selamat ulang tahun FKDM. Wassalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh”, pungkas H. Iswadi, M.M.

Ia juga menambahkan bahwa Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat yang disebut dengan FKDM, dibentuk berdasarkan Peraturan Menterii Dalam Negri Nomor 12 tahun 2006 tentang Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat, di mana dibentuk tingkat provinsi, kabupaten/kota, kecamatan dan desa/kelurahan yang dilakukan oleh masyarakat dan difasilitasi oleh pemerintah daerah yang bersifat kolektif kolegial. 

“Dalam hal ini, FKDM dibentuk melibatkan berbagai unsur yang terdiri dari ormas, perguruan tinggi, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, tokoh pemuda dan elemen masyarakat lainnya. Di tingkat provinsi penyelenggara FKDM menjadi tanggungjawab dan dilaksanakan oleh masyarakat yang difasilitasi dan dibina oleh pemerintah provinsi, begitu juga di tingkat kabupaten / kota difasilitasi dan dibina oleh pemerintah kabupaten dan kota, bahkan sampai tingkat kecamatan dan kelurahan atau desa sesuai tingkatannya dibina oleh pemerintah kecamatan dan kelurahan/desa pula”, paparnya. 

“FKDM yang dibentuk berdasarkan Permendagri No 12 tahun 2006, mempunyai tugas menjaring, menampung, mengkoordinasikan dan mengkomonikasikan data dan informasi dari masyarakat mengenai potensi ancaman keamanan, gejala atau peristiwa bencana alam dalam rangka upaya pencegahan dan penanggulangannya secara dini, di samping itu juga mempunyai tugas memberikan rekomendasi sebagai bahan pertimbangan bagi Gubernur (untuk tingkat provinsi), Walikota/Bupati (untuk tingkat Kota/Kabupaten), Camat (untuk tingkat Kecamatan), Lurah/Kepala Desa (untuk tingkat Kelurahan/Desa) mengenai kebijakan yang berkaitan dengan Kewaspadaan dini masyarakat”, tutup H. Iswadi, M.M.

Sementara itu, beberapa Stakeholder, Anggota Legislatif, Senator, dan Tokoh Ormas juga memberikan ucapan selamat di hari ulang tahun FKDM yang ke-18 antara lain:

1. Anggota DPRD DKI Jakarta Wita Sulistyowati, S.I.Kom., M.Kom mengucapkan, “Selamat ulang tahun untuk FKDM yang ke-18 tahun. Semoga seluruh anggota FKDM selalu dalam perlindungan Allah SWT dalam menjalankan tugasnya.”.

2. Walikota Kota Administrasi Jakarta Selatan Munjirin, S.Sos., M.Si., mengucapkan, “Selamat hari ulang tahun untuk forum kewaspadaan dini masyarakat atau FKDM yang ke-18. Semoga kedepan FKDM semakin bermanfaat bagi masyarakat luas serta konsisten bersinergi dengan pemerintah daerah dan instansi terkait lainnya dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya di lapangan terima kasih”.

3. Walikota Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhani Sukma, S.Sos., M.A.P., mengucapkan, “Pada kesempatan yang baik ini, izinkan saya mengucapkan selamat hari lahir Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat atau FKDM yang ke-18. Saya mengucapkan terima kasih atas kinerja FKDM selama ini. Dan berharap FKDM kedepannya semakin menunjukkan eksistensinya dan bermanfaat bagi masyarakat luas serta bersinergi dengan pemerintah daerah dan instansi terkait lainnya dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi di lapangan. Terima kasih”.

4. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi DKI Jakarta dan juga Ketua Kwarda DKI Jakarta Drs. H. Isnawa Adji, M.A.P., mengucapkan, “Hari ini 11 Mei 2024 genap ulang tahun Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat ke-18 tahun.  FKDM keberadannya sudah tahun sangat menyatu dengan warga masyarakat.  FKDM hadir di tengah-tengah masyarakat, bekerjasama, kolaborasi dengan unsur-insur masyarakat lainnya seperti Krang Taruna, PKK, LMK, Dewan Kota dan lain-lain.  FKDM saya tahu sekali mungkin hampir bekerja 24 jam bersama dengan RT RW, bersama dengan Pak Bimmas, dengan Pak Babinsa, dengan tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan lain-lain”.


5. Walikota Kota Administrasi Jakarta Barat H. Uus Kuswanto, S.Sos., M.A.P., mengucapkan selamat hari lahir FKDM, Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat yang ke-18. Semoga FKDM kedepan semakin menunjukkan eksistensinya dan bermanfaat bagi masyarakat yang lebih luas. Setelah bersinergi dengan pemerintah daerah dan instansi terkait lainnya dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi di lapangan. Saya yakin FKDM akan menjadi lembaga kebanggaan masyarakat di DKI Jakarta. Sukses Jakarta untuk Indonesia. Terima kasih”.

6. Mantan Calon Presiden RI, yang juga mantan Gubernur DKI Jakarta yang ke-17, Anies Rasyid Baswrdan, Ph.D., mengucapkan,“ Ijinkan dalam kesempatan ini mengucapkan selamat hari jadi ke-18 untuk FKDM, Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat. Apresiasi kepada semua ibu/bapak yang berada di FKDM yang telah bekerja. Seringkali tak terlihat, bekerja sunyi, senyap. Tapi dirasakan dampaknya. Insya Allah FKDM makin maju, makin menjadi pilar bagi keamanan, ketenangan, keteduhan, kedamaian, dan kesejukan di masyarakat. Selamat hari jadi untuk FKDM.  Salam hangat untuk seluruh aktivisnya”.

7. Anggota DPD RI Prof. Dr. H. Dailami Firdaus, S.H., L.LM., mengucapkan, “Selamat milad untuk Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat atau FKDM yang ke-18 tahun. Semoga FKDM semakin kuat, semakin solid, serta terampil cekatan dalam melaksanakan fungsi dan tugasnya, Teutama pendeteksian, pencegahan, serta turut di dalam pengendalian dalam rangka menciptakan keamanan di masyarakat. Juga terus bersinergi dengan pemerintah Provinsi Jakarta dan instansi terkait lainnya untuk lebih optimal”.

8. Anggota DPD RI Hj. Fahira Idris, S.E., M.H., mengucapkan, “Selamat milad untuk FKDM yang ke-18 tahun. Sebagai anggota DPDRI, saya begitu bangga dengan teman-teman, sahabat-sahabat FKDM yang selalu berkiprah untuk masyarakat, selalu terdepan membantu masyarakat. Salut, semoga semuanya sehat wal afiat,  sukses dunia dan akhirat. Dan terus bermaslahat untuk masyarakat”.


9. Ketua Umum DPP Forkabi H. Muhammad Ihsan, S.H., mengucapkan selamat ulang tahun kepada Organisasi Kemasyarakatan FKDM. Mudah-mudahan keberadaan FKDM bisa membantu masyarakat, pemerintah dalam hal deteksi dini dan para pengurusnya mudah-mudahan selalu diberikan keberkahan, kemuliaan dan keridhoan dari Allah SWT”.

(M.Solichin)

Iklan

 Advertisement

Iklan

 Advertisement