Advertisement
,

Wujudkan Pemilu Berkualitas, Elemen Kecamatan Bungkal Gelar Rakortas

Senin, 27 November 2023, November 27, 2023 WIB Last Updated 2023-12-02T03:41:24Z


PONOROGO - Pesta Demokrasi Pemilu 2024 sudah berada di depan mata. Hal itu membutuhkan kolaborasi stakeholder yang ada di Kecamatan Bungkal, Kabupaten Ponorogo, Jatim agar dapat mewujudkan pemilu yang damai, tertib, dan berintegritas. 


Kolaborasi penyelenggara, peserta pemilu, dan juga Forkopimca menjadi syarat suksesnya pemilu serentak tahun 2024. Panwascam Bungkal menggelar Rapat Koordinasi Terbatas (Rakortas) antar stakeholders dengan forkompimcam, Papdesi dan Forsekdesi dan PPK Kecamatan Bungkal, Senin (27/11/2023). 


Hadir dalam kegiatan tersebut adalah Camat Bungkal Wasis, Kapolsek Bungkal Iptu Setyo Budi Santoso, Danramil Bungkal Kapten Cpl Agus Suprapto, Ketua Papdesi Lukmanul Hadi dan Ketua Forsekdesi Korcam Bungkal Halilintar Cristianto dan Ketua PPK Bungkal Taufik Qurohman beserta jajaran. 


Pada kesempatan itu juga diadakan sarasehan menghadapi pemilu serentak 2024 yang akan digelar pada 14 Februari 2024. "Sebentar lagi memasuki tahapan masa kampanye mulai tanggal 28 November 2023 sampai dengan tanggal 10 Februari 2024. Dengan harapan pemilu serentak di kecamatan Bungkal khususnya dan umumnya di kabupaten Ponorogo dapat berjalan dengan lancar, kondusif, sejuk, damai dan bermartabat serta jujur dan adil," terang Ketua Panwascam Bungkal Suwadi saat penandatanganan deklarasi netralitas kesepakatan bersama dengan ASN, TNI, POLRI, PAPDESI dan FORSEKDESI Kecamatan Bungkal. 


Menurutnya sinergi dan kolaborasi dengan stakeholder diantaranya penyelenggara pemilu, peserta pemilu, dan juga instansi Forkopincam Bungkal. "Ada wadah keberagaman untuk menyatukan visi dan misi penyelenggaraan pemilu," katanya. 


Sedangkan Camat Bungkal, Wasis mengatakan, deklarasi Netralitas bersama stakeholder, Forkompincam, dan penyelenggara pemilu termasuk Papdesi dan Forsekdesi dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat agar tetap kondusif pada saat pemilu serentak tahun 2024. "Karena pemerintah punya dua fungsi yang senada dengan komitmen bersama, yakni, pertama menciptakan kondisi tertib dan aman dan yang kedua memberikan kesejahteraan pada masyarakat," tutur Wasis. 


Tidak lupa, pihaknya juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada penyelenggara pemilu (Panwaslu dan PPK) Kecamatan Bungkal yang telah bersinergi dan berkolaborasi bekerja dengan maksimal mengawal tahapan pemilu 2024, melaksanakan amanah UU. 


Terpisah, Kapolsek Bungkal Iptu Setyo Budi Santoso mengajak dan berkomitmen sebagai aparatur negara untuk bersikap netral dan siap mensukseskan pemilu di Ponorogo khususnya di Kecamatan Bungkal. "Ada hal apapun mari kita komunikasikan dan saling sinergi untuk pemilu 2024 tetap kondusif aman sejuk dan terkendali," pinta Iptu Setyo Budi Santoso. 


Danramil Bungkal Kapten Cpl Agus Suprapto menjelaskan Komitmen dan Netralitas TNI tidak diragukan. "Kami siap netral dan siap bersinergi dengan panwascam, karena kesuksesan pemilu sangat dipengaruhi oleh jadwal dan tahapan-tahapan yang berjalan dengan baik sesuai aturan termasuk tahapan masa kampanye dan APK yang sudah ditentukan titik pemasangannya, kita siap koordinasi," terang Kapten Cpl Agus Suprapto. (Muh Nurcholis)

Iklan

 Advertisement

Iklan

 Advertisement