Advertisement
,

Semarak di Bulan Ramadhan, Lapas Muara Teweh Gelar Tarawih Berjamaah, Tadarus Al-Qur'an, dan Bantuan Al-Qur'an

Kamis, 21 Maret 2024, Maret 21, 2024 WIB Last Updated 2024-03-21T11:08:31Z


Muara Teweh - Suasana Ramadan di Lapas Kelas IIB Muara Teweh semakin semarak dengan kegiatan Safari Ramadhan yang dihadiri oleh Kadivpas Kalteng Tri Saptono, Kadivmin Kalteng Dr. Joko Martanto, Kakan Kemenag Kabupaten Barito Utara Abbu Majid S,Ag, dan jajaran pejabat serta staf Lapas dan Bapas Muara Teweh.


Pada Rabu (20/3) malam, masjid Darul Huda Lapas Muara Teweh dipenuhi dengan jamaah yang melaksanakan Shalat Tarawih berjamaah dan Tadarus Al-Qur'an. Kegiatan ini diikuti oleh 104 orang warga binaan (WBP) dan 12 orang mengikuti tadarus Al-Qur'an.


Kadivpas Kalteng, Tri Saptono, menyampaikan bahwa kegiatan Safari Ramadhan ini bertujuan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan warga binaan di bulan suci Ramadhan.


"Bulan Ramadhan merupakan bulan penuh berkah dan ampunan. Oleh karena itu, manfaatkan bulan ini sebaik-baiknya untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT," ujar Tri Saptono.


Ahmad (35), salah satu WBP Lapas Muara Teweh, turut menyampaikan kesan dan harapannya di bulan Ramadhan.


"Merayakan Ramadhan di sini (Lapas) tentunya berbeda dengan di rumah. Tapi kegiatan Shalat Tarawih berjamaah dan Tadarus Al-Qur'an ini membuat saya merasa tenang dan lebih dekat dengan Allah SWT. Apalagi dengan adanya bantuan Al-Qur'an baru, semangat saya untuk belajar dan memperbaiki diri semakin kuat," tutur Ahmad.


Kepala Lapas Kelas IIB Muara Teweh, Huzaifah Makmur Hidayah, mengatakan bahwa kegiatan Safari Ramadhan ini merupakan agenda tahunan Lapas Muara Teweh.


"Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan motivasi dan semangat bagi warga binaan untuk menjadi pribadi yang lebih baik," kata Huzaifah.


Dr. Joko Martanto, Kepala Divisi Administrasi (Kadivmin) Kemenkumham Kalteng, turut menambahkan bahwa pihaknya mendukung penuh kegiatan pembinaan keagamaan bagi warga binaan.


"Pemberian bantuan Al-Qur'an ini merupakan wujud nyata perhatian Kemenkumham Kalteng terhadap pembinaan spiritual warga binaan. Kami berharap Al-Qur'an ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh para WBP," ujar Dr. Joko Martanto.


Kegiatan Safari Ramadhan di Lapas Muara Teweh ini ditutup dengan penyerahan bantuan Al-Qur'an dari Kakan Kemenag Kabupaten Barito Utara kepada Lapas Muara Teweh. (Mf/red/Af)

Iklan

 Advertisement

Iklan

 Advertisement