Jakarta Barat - Pasca mengikuti Video Conference Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., bersama eSeaweed dan Forkopimda Sulsel dalam acara Kick Off Launching Aksi bersih-bersih pantai dari sampah plastik di Pantai Seruni, Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan dalam rangka memperingati Hari Juang TNI AD, Komandan Kodim 0503/Jakarta Barat Letkol Inf E.S. Putra Siregar, S.I.P., bersama Walikota Kota Adm. Jakarta Barat yang diwakili oleh Asisten Ekbang Setko Adm. Jakarta Barat Bapak Imron Syahrin dan Kapolres Metro Jakarta Barat yang diwakili oleh Kanit Binmas Polsek Kembangan Iptu Edi Suriadi melaksanakan kegiatan penanaman pohon di lokasi RPTRA Kembangan Utara, Jl. KH. Hasyim Pd. Cabe, RT.1/RW.1, Kelurahan Kembangan Utara, Kecamatan Kembangan, Kota Jakarta Barat, Kamis (14/12/2023). 


Video conference yang diikuti oleh Dandim 0503/JB Letkol Inf E.S. Putra Siregar dan Tiga Pilar itu dilakukan melalui Zoom Meeting. Dalam tayangan vicon tersebut, kegiatan bersih-bersih pantai dari sampah plastik di Pantai Seruni oleh Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., bersama eSeaweed dan Forkopimda itu dilakukan serentak di delapan kabupaten dan kota yang ada di Sulsel. Di antaranya, Kabupaten Bantaeng, Takalar, Jeneponto, Bulukumba, Sinjai, Bone, Wajo dan Kota Palopo. 


"Dengan ucapan Bismillahirrahmanirrahim, saya meluncurkan kegiatan bersih-bersih pantai ini," kata Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., sembari menekan tombol launching. 


Lebih jauh, Kasad menjelaskan bahwa pihaknya akan memasifkan kegiatan bersih-bersih pantai ini hingga ke seluruh penjuru tanah air. Sulawesi Selatan, khususnya Kabupaten Bantaeng diharapkan menjadi penggerak aksi tersebut. 


"Nanti saya akan minta Kodam, Korem hingga Kodim seluruh Indonesia untuk ikut serta dalam aksi bersih-bersih pantai ini," ucap Kasad. 


Senentara itu, pasca melakukan giat video conference, Dandim 0503/JB Letkol Inf E.S. Putra Siregar dan Tiga Pilar melaksanakam kegiatan penanaman pohon di Lahan RPTRA Kembangan Utara. 


Dalam keterangan persnya, Dandim 0503/JB Letkol Inf E.S. Putra Siregar mengatakan, “Bahwa kegiatan penanaman pohon ini merupakan rangkaian dalam rangka memperingati Hari Juang TNI AD begitu juga dalam rangka memperingati HUT Kodam Jaya yang ke-74. Jadi sesuai arahan dari Bapak Kepala Staf TNI Angkatan Darat, kita melakukan perang terhadap sampah, khususnya sampah-sampah plastik“.


“Kita sudah melaksanakan banyak kegiatan, seperti bersih-bersih pasar, kali/sungai dan selokan-selokan. Serta melaksanakan kegiatan penanaman pohon dalam rangka mengantisipasi Jakarta dari bencana banjir“, tambah Dandim. 


“Semoga dengan adanya kegiatan yang dilakukan pada hari ini dalam rangkaian Hari Juang TNI AD dan HUT Kodam Jaya ke-74, kita bisa meningkatkan dan memelihara sinergisitas bersama Tiga Pilar dan seluruh lapisan masyarakat lainnya, demi menjaga bumi Indonesia yang hijau dan asri serta demi menjaga kelangsungan generasi kita selanjutnya“, harap Dandim seraya menutup wawancara. 


Kegiatan penanaman pohon di RPTRA Kembangan Utara turut dihadiri oleh Tiga Pilar Kecamatan Kembangan antara lain Danramil 07/KB Mayor Kav Dwi Joko, Pasi Inteldim 0503/JB Mayor Cpl Reka Kurniawan, Pasiter Kodim 0503/JB Kapten Inf Irwan Triyono, Danunit Kodim 0503/JB Lettu Inf Adam, Kasi Ekbang Kembangan Bapak Iskandar, Lurah Kembangan Utara Bapak Rudy Hariyanto, Babinsa Kembangan Utara Serka Herdi, Bhabinkamtibmas, ASN Kecamatan Kembangan, Personil Polsek Kembangan, Personil Koramil 07/KB, ASN Kelurahan Kembangan Utara, PPSU, LMK, RT, RW, FKDM dan Masyarakat setempat. 


(M.Solichin)