Muara Teweh – Pemerintah Kabupaten Barito Utara (Pemkab Barut) telah melaunching aplikasi Sistem Inovasi Barito Utara Dalam Genggaman (SI-BAGA) di aula Setda lantai I, Kamis (20/6/2024) lalu.

Terkait aplikasi Sistem Inovasi Barito Utara Dalam Genggaman atau SI BAGA tersebut mendapat apresiasi dan dukungan dari Ketua DPRD kabupaten Barito Utara, Hj Mery Rukaini. 
 
Menurut Ketua DPRD Barito Utara, Mery Rukaini, inovasi dan digitalisasi merupakan salah satu kunci utama dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelayanan publik. 

“Peluncuran aplikasi SI-BAGA ini merupakan bukti nyata dari komitmen Pemkab Barito Utara untuk terus berinovasi dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, serta sejalan dengan kebijakan nasional dalam menerapkan sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE),” kata Ketua DPRD Hj Mery Rukaini.

Diungkapkannya, Aplikasi SI BAGA telah ini dirancang untuk mempermudah masyarakat di daerah ini untuk memenuhi kewajiban dalam pembayaran pajak bumi dan bangunan pedesaan dan perkotaan (PBB-P2), dengan lebih mudah, cepat, dan transparan.

Ketua DPRD Barito Utara Hj Mery Rukaini juga mengapresiasi penandatanganan nota kesepakatan antara Pemkab Barito Utara dalam hal ini BPPD dengan Kantor Post, Bank Mandiri, Bank BNI, dan Bank BRI  dalam rangka mendukung aplikasi SI-BAGA ini.

“Penandatanganan kerjasama itu untuk mempermudah dalam proses masyarakat atau wajib pajak untuk membayar PBB-2P secara online melalui kanal pembayaran pajak PBB-2P secara online,” kata dia.

Dan jelasnya, dengan adanya aplikasi SI BAGA tersebut juga diharapkan nantinya akan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Barito Utara serta meningkapkan kinerja BPPD Barito Utara.

(Tim/Redaksi).