Muara Teweh 19 Juni 2024, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Barito Utara hadiri haulan Datu Mangkomot, Datu Malik Bin Karma dan Datu Sura Bin Karma di Makam keramat Mangkomot Desa Benangin I Kec.Teweh Timur, Kabupaten Barito Utara

Haulan Datu Mangkomot di Hadiri langsung Ketua DPRD, Ir. Hj.Mery Rukaini, M.IP, Wakil Ketua I DPRD Provinsi Kalimantan Tengah, H. Jimmy Carter, Bupati Barito Utara, H. Nadalsyah Periode 2013-2018 dan 2018-2023, unsur Frokopimda, Komisaris PT.Mitra Barito, Ahmad Gunadi, Camat Teweh Timur, Kepala Desa Se-Kecamatan Teweh Timur, Tokoh agama dan masyarakat dari berbagai wilayah di Barito Utara.

Tokoh agama Desa Benangin, Muhammad Zam-Zam membacakan selayang pandang sejarah singkat "Makam Datu Mangkomot" merupakan makam Datu Malik Bin Karma dan Datu Sura Bin Karma atau yang lebih di kenal dengan Datu Mangkomot memiliki peran besar dalam syiar islam di tanah barito sekitar abad ke-18. Hingga saat ini kecintaan masyarakat Barito Utara terhadap Datu Mangkomot tidak pernah pudar, dan makam keduanya tidak pernah sepi di kunjungi peziarah.

Ketua DPRD Barito Utara, Ir. Hj. Mery Rukaini, M.IP mengharapkan peziarah Datu mangkomot tidak pernah sepi dari peziarah baik dari dalam dan luar wilayah Barito Utara. "Makam keramat Mangkomot di Desa Benangin I merupakan salah satu bukti perjuangan penyebaran agama Islam di tanah Barito, tepatnya wilayah pedalaman daerah aliran Sungai Teweh, wilayah Desa Benangin I, Kecamatan Teweh Timur,"ucap Hj.Mery Rukaini.

(Tim/Redaaksi).