Barsel - Sebagai wujud kepedulian terhadap budaya bangsa, Polres Barito Selatan (Barsel), Polda Kalteng menggelar pertunjukan wayang kulit dengan lakon Wahyu Ketentreman, Sabtu (11/3/2023) malam.


Bertempat di GPU Jaro Pirarahan, Buntok, dalam kegiatan ini dihadiri oleh Kapolres Barsel AKBP Yusfandi Usman, S.I.K., M.I.K. bersama jajaran unsur Forkopimda atau yang mewakili serta dihadiri oleh personel Polres dan masyarakat dari berbagai kalangan.

Tak hanya pagelaran wayang kulit, sebagai pembuka acara ditampilkan tarian adat dadas bawo khas dayak sebagai bukti kekayaan budaya Bangsa Indonesia.

Kapolres AKBP Yusfandi menyampaikan, kegiatan ini merupakan inisiasi dari masyarakat saat program jumat curhat sekaligus menjadi salah satu upaya Polres Barsel dalam melestarikan keberagaman budaya bangsa.

"Dengan mengambil lakon Wahyu ketentreman, sang dalang Ki Wowos Subandono, S.Sn. menyelipkan pesan-pesan kamtibmas yaitu melalui semangat kebersamaan dan gotong royong mampu mewujudkan ketentraman di tengah-tengah masyarakat," ujar Kapolres.

Dirinya berharap, dengan adanya pagelaran seni budaya, banyak makna filosofis yang bisa diambil untuk diimplementasikan. Mulai dari nilai luhur, sikap kesatria, dan saling gotong royong. Selain itu juga sebagai upaya menjaga kelestarian budaya asli nusantara yang sangat perlu dilestarikan di tengah serbuan pengaruh budaya asing.

Dalam kegiatan tersebut, juga dilakukan penyerahan bantuan sosial sembako dari Kapolda Kalteng Irjen Pol. Drs. Nanang Avianto, M.Si. yang di wakili Kapolres Barsel untuk masyarakat. (bow)