Advertisement
,

Danramil 03/Grogol Petamburan Mayor Inf Manatap Rajagukguk : Nobar Timnas Indonesia Adalah Bentuk Cinta Terhadap Bangsa dan Negara

Minggu, 05 Mei 2024, Mei 05, 2024 WIB Last Updated 2024-05-05T11:38:15Z


Jakarta Barat - Sebagai bentuk cinta terhadap bangsa dan negara, Komandan Koramil 03/Grogol Petamburan Mayor Inf Manatap Rajagukguk, S.E., M.H., M.M., menggelar Nobar (Nonton Bareng) bersama para Personil Koramil 03/GP dan Mitra Jaya dalam Perebutan Juara Ketiga AFC U-23 Asian Cup 2024 antara Timnas Garuda Muda Indonesia versus Timnas Irak, bertempat di halaman Makoramil 03/GP, Jl. Anggrek Garuda V Blok E RT. 005/RW.02 Kelurahan Kemanggisan, Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat, Kamis Malam (2/5/2024).

Sebelum acara Nobar, Komandan Koramil 03/Grogol Petamburan Mayor Inf Manatap Rajagukguk, S.E., M.H., M.M., memberikan arahan dan bekal kepada para personil Koramil 03/GP dan Mitra Jaya. 

“Untuk diketahui, Mitra Jaya merupakan organisasi kepemudaan atau kemasyarakatan yang memiliki tugas pokok membantu aparat TNI AD yang berada di wilayah Kodam Jaya. Dikutip dari berbagai sumber, Mitra Jaya berdiri pada tgl 8 September 1999. Sebelumnya, Mitra Jaya bernama Mitra Babinsa. Setelah diterbitkan ST Panglima TNI No. ST/510-5/1999, organisasi ini berubah nama menjadi Mitra Jaya, dengan tujuan meningkatkan kinerja mitra yang dibentuk oleh TNI AD dalam membantu aparat TNI AD yang berada di wilayah Kodam Jaya”, ungkap Danramil 03/GP mengawali arahannya. 

“Mitra Jaya sangatlah penting dan memiliki amanah tanggung jawab yang tidak ringan terutama membantu Babinsa dalam melaksanakan kegiatan pengumpulan data teritorial bidang geografi, demografi dan kondisi sosial di wilayahnya untuk menjaga keamanan wilayah dan kondusifitas di lingkungan masyarakat”, urai Danramil. 

“Salah satu tugas Mitra Jaya yang sangat penting adalah membantu Babinsa untuk memberikan informasi melalui kegiatan temu cepat dan lapor cepat di wilayah untuk deteksi dini maupun cegah dini tentang kemungkinan terjadinya permasalahan di wilayah”, tambahnya. 

”Pada bulan November 2024 mendatang akan dilaksanakan Pilkada Gubernur maupun Wagub, maka diharapkan sekali peran aktif anggota mitra jaya untuk membantu Koramil dalam menciptakan kesejukan di wilayah dan menjaga keamanan”, terang Danramil. 

“Saya sangat mengapresiasi pengabdian sosial anggota Mitra Jaya selama ini dan patut diacungi jempol. Tanpa digaji namun tetap membantu menjadi mata dan telinga Babinsa dan mendukung kegiatan TNI AD khususnya satuan Koramil 03/Grogol Petamburan”, pungkas Danramil. 

“Pertandingan sepak bola Timnas U-23 INDONESIA VS IRAK dalam ajang perebutan peringkat 3 Piala Asia U-23 tahun 2024. Apabila Indonesia menang melawan Irak, maka ini akan menjadi sejarah baru dan Indonesia akan bermain di Olimpiade untuk pertama kalinya setelah 68 tahun (1956)”, imbuh Danramil. 

“Kegiatan nonton bareng sepakbola Timnas Indonesia adalah merupakan bentuk cinta terhadap bangsa dan negara. Kita teoah memberikan dukungan moril untuk Timnas Indonesia apapun hasilnya nanti”, tutup Danramil . 

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan Nobar pertandingan sepakbola Perebutan ketiga antara Timnas Indonesia versus Irak. Turut hadir dalam kegiatan tersebut antara laun Bati Tuud Koramil 03/Peltu Edi Rustandi, para personil Koramil 03/GP, Ketua dan Pengurus Mitra Jaya Koramil 03/GP, para Ketua dan anggota Mitra Jaya dari jajaran 331 Kelurahan Palmerah sampai dengan Jajaran 3314 Kelurahan Jelambar Baru. 

Duel Irak vs Indonesia di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, berakhir 2-1 pada babak extra time. Indonesia membuka keunggulan lebih dulu lewat sepakan Ivar Jenner (19'), sebelum Irak menyamakan skor via sundulan Zaid Tahseen (27'). Irak kemudian menambah gol sekaligus memastikan kemenangan berkat tembakan Ali Jasim pada menit ke-96.

Dengan demikian, Irak berhak mendapat tiket ke Olimpiade Paris bersama Jepang dan Uzbekistan yang akan tampil di final Piala Asia U-23 2024.  Sementara itu, Indonesia masih punya peluang lolos ke multievent empat tahunan itu lewat babak playoff melawan tim peringkat keempat Piala Afrika U23, Guinea.  Pertandingan antara Indonesia dan Guinea dijadwalkan berlangsung pada 9 Mei 2024 mendatang. 

(M.Solichin)

Iklan

 Advertisement

Iklan

 Advertisement